Langsung ke konten utama

Definisi Toefl dan Pengakuannya di Luar Kampus




Definisi TOEFL adalah kepanjangan dari Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Menurut sejarah EF ( English First) pusat pendidikan bahasa inggris, toefl dibuat oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah lembaga di Amerika Serikat.  Toefl ini diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada setiap Universitas di Amerika Serikat dan Kanada, juga bagi mahasiswa yang mendaftar ke Universitas Eropa dan Australia.  Secara umum tes ini menilai tentang kemampuan menulis dan tata bahasa dalam Bahasa Inggris, kemampuan membaca Bahasa Inggris dengan baik dan benar, kemampuan mendengarkan dengan baik dan benar mengenai uraian yang diberikan dosen.
Penjelasan tentang sejarah dan pengertian Toefl di atas, tak jarang sebagian dari perguruan tinggi swasta masih diragukan. Misal tentang pengakuannya di dunia kerja. Salah  satunya di Universitas Islam Jember.   Pendaftaran  yang relatif mahal. Ternyata legalitasnya tidak diakui oleh beberapa lembaga lain,  Otomatis pasti akan kecewa.
Akan tetapi pernyataan tersebut di atas dibantah oleh Imam Ghozali, Kepala UPT Bahasa. Justru dia tidak menerima komplain selama UPT Bahasa ini dibuka. “mungkin itu alasan mahasiswa atau mahasiswi yang tidak mau ikut tes toefl,” katanya saat dijumpai reporter LPM Mitra.
            Namun pada kenyataannya, Toefl yang UIJ keluarkan tidak diterima di beberapa lembaga lain. Seharusnya pihak UPT Bahasa dan seluruh pimpinan yang mempunyai wewenang didalamnya harus merubah dan memberikan formula baru agar Toefl di UIJ legalitasnya diakui oleh lembaga lainya.[]
Oleh: Elok Roudhotul Izzah

Komentar

Popular Post

Muatkah Gedung UIJ Menampung Mahasiswa Baru?

  Sumber: Freepik.com Oleh: Fathur Rozi Sekedar informasi   bahwa pada tanggal 26 juli 2021 Universitas Islam Jember (UIJ) mengadakan pendaftaran Calon Mahasiswa Baru (CAMABA) penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah dengan peserta sekitar 386 . Jumlah tersebut tentunya akan semakin lebih banyak lagi karena ada seleksi lagi gelombang kedua pada bulan agustus besok, belum lagi dengan pendaftar mandiri. Sehingga jumlah mahasiswa di kampus hijau ini akan jauh lebih banyak. Namun, jika kita lihat ke belakang saat kuliah tatap muka masih berlangsung, banyak mahasiswa yang kekurangan tempat belajar. Sampai mondar-mandir mencari ruangan, karena tidak memiliki ruang kelas. Terkadang mereka harus pindah ruangan karena ruangan yang ditempati milik mahasiswa prodi lain atau bahkan sebaliknya. Okelah , mungkin saat ini pembelajaran sering dilakukan secara online, atau jarak jauh, sehingga mahasiswa jarang berkunjung ke kampus UIJ sehingga gedungnya nampak sepi. Oleh karena itu,